Jangan Takut Gagal, Inilah Tips Sukses Membuat Kue Kering

Lebaran memang identik dengan kue kering. Namun Anda juga bisa membuat kue kering untuk acara tertentu, saat libur panjang, bahkan hanya untuk camilan keluarga. Tentu saja kue buatan sendiri lebih terjaga kebersihan dan bahan. Bagaimana agar kue yang dibuat anti gagal? Berikut tips yang dapat Anda lakukan agar sukses membuat kue kering.

Baca Resep dengan Teliti
Membaca resep dengan benar merupakan awal dari kesuksesan membuat kue jenis apapun. Jika Anda salah dalam membaca resep maka kue tidak akan jadi dengan sempurna. Ada beberapa cara pembuatan kue dengan cara tertentu dan Anda harus mengikuti petunjuk tersebut agar tidak gagal.
Misalnya kue harus dipanggang selama 45 menit kemudian Anda memanggang dalam waktu 20 menit, maka jangan salahkan resep kalau kue buatan Anda gagal atau kurang matang. Waktu, takaran, cara memasak sudah dibuat sedemikian rupa di dalam resep. Sehingga ikuti resep dengan benar.

Perhatikan Jenis Terigu
Bagi pemula yang baru belajar memasak, terigu tidak dibedakan. Padahal terigu ada bermacam-macam dan berbeda kegunaan. Untuk membuat kue kering maka dibutuhkan terigu protein rendah. Jika Anda memakai protein tinggi, maka kue tidak bisa renyah. Apalagi jika Anda memakai tepung beras, kue akan menjadi lebih keras. Jadi, jenis terigu harus benar.

Gula yang Digunakan
Kegagalan saat membuat kue biasanya terletak pada jenis gula yang digunakan. Sebaiknya Anda memakai gula halus sebagai campuran agar adonan bisa menyatu dengan cepat dan tidak menggumpal. Gula kasar juga bisa membuat pori kue besar sehingga kue tidak enak.

Perhatikan Takaran Bahan
Agar takaran pas saat membuat kue dibutuhkan alat timbangan. Jika Anda sudah ahli dalam membuat kue, takaran bisa menggunakan gelas, cup, atau sendok makan. Takaran yang salah juga bisa membuat kue gagal. Misalnya saja, Anda terlalu banyak memasukkan tepung terigu, maka kue menjadi keras.

Tingkat Kelembapan
Hal ini sangat jarang diperhatikan saat membuat kue. Padahal hal ini juga menentukan kesuksesan kue. Kadar air dalam tepung berbeda-beda. Sehingga Anda harus tahu hal ini agar kue bisa renyah. Agar kue tidak gagal, sebaiknya Anda jamur dan ayak tepung sebelum dibuat adonan.

Wadah dan Loyang yang Higienis
Loyang yang akan dipakai untuk memanggang kue kering juga harus bersih. Kontaminasi bahan lain juga akan membuat kue tidak matang dengan sempurna. Anda harus mengeringkan loyang terlebih dulu dan oles loyang tersebut dengan margarin atau butter secara merata agar tidak lengket. Pastikan sudah tidak ada air pada loyang Anda.

Cara Penyimpanan
Meskipun kue yang Anda buat enak, renyah dan unik kalau menyimpannya sembarangan akan membuat kue rusak. Setelah matang, jangan langsung memasukkan ku ke dalam toples karena akan membuat kue cepat berjamur dan teksturnya berubah menjadi lebih keras.

Anda bisa meniriskan dan biarkan kue di suhu ruangan seperti di loyang atau wadah lebar. Kemas kue ke dalam toples setelah dingin dan jangan lupa masukkan pada toples yang rapat. Hal ini bertujuan agar tidak ada udara dan serangga yang masuk.

Itulah tips agar kue kering Anda sukses. Namun Anda juga bisa langsung membeli kue kering yang enak, renyah, dan praktis. Saya sudah membeli aneka kue di Leminilo. Anda pun juga bisa membelinya dengan mudah di sana. Anda tetap bisa menikmati biscuit tanpa repot.
Disqus Comments