Siapkan 8 Hal Ini Jika Ingin Bangun Rumah

Anda punya rencana bangun rumah sendiri? Ada kepuasan tersendiri saat ikut terlibat dalam pembangunan rumah impian Anda. Selain Anda punya kebebasan memilih, juga tidak banyak bergantung pada orang lain. Jika Anda sudah yakin untuk membuat rumah sendiri dengan jasa bangun rumah terbaik, siapkan 8 hal ini dulu.

Gambaran, Estimasi, dan Mentor
Membangun rumah bukan hal yang mudah. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian tertentu. Ketika memulai, Anda harus memiliki gambaran tata cara, hasil final, dan kisaran biaya yang dihabiskan hingga rumah jadi. Singkatnya, pasti Anda membutuhkan drawing atau blue print teknis untuk pengerjaan.

Estimasi biaya harus disajikan dalam bentuk laporan akurat agar tidak ada biaya tambahan. Sebaiknya Anda memiliki mentor yang berpengalaman dalam membuat rumah, misalnya seseorang yang biasa menawarkan jasa desain rumah. Sehingga tidak ada kesalahan dalam pengerjaan rumah Anda.

Izin untuk Mendirikan Rumah
Dalam bangun rumah hal yang menjadi syarat penting yaitu izin legalitas. Izin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan izin yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk mendirikan bangunan baru, mengubah, mengurangi, atau merawat bangunan sesuai dengan syarat administrasi dan teknis yang berlaku. Anda harus mencari cara mengantongi IMB.

Target dan Perencanaan Final
Membuat rumah tidak boleh asal dan menyelesaikan tanpa tujuan pasti. Anda sebelumnya harus punya target tertentu dalam pengerjaannya. Target berguna sebagai motivasi untuk mencari cara yang paling efektif agar proyek cepat selesai. Waktu penyelesaian pun harus jelas, misal 1 tahun atau 2 tahun. Pemisahan target seperti ini bisa lebih mudah merealisasikannya.

Budget Planning
Dana merupakan hal yang menjadi pondasi dalam mengerjakan proyek rumah. Mulailah memikirkan budget untuk membuat rumah, misal dari hal yang mampu Anda keluarkan dan efek dari pembelanjaan ini akan berpengaruh pada kehidupan masa depan.

Setelah itu, dilanjutkan budget planning yang lebih detail. Misalnya harga tanah, pajak bangunan, biaya struktur, biaya desain interior, konstruksi, hingga dekor ruangan. Anda juga harus menyisihkan sebagian dana untuk biaya tak terduga karena dalam proyek bisa membuat belanja lebih dari ekspektasi.

Tanah Bangunan
Sebelumnya Anda harus sudah punya gambaran tempat akan mendirikan bangunan. Berapa luas tanah yang akan dipakai, dan sebagainya. Anda harus sudah memiliki tanah yang ideal sebelum membangun rumah.Selain menuruti selera pribadi, Anda harus menyesuaikan budget yang dimiliki.
Tim Bangunan
Tidak mungkin jika Anda mengerjakan semuanya sendiri. Oleh karenanya, tim sangat dibutuhkan. Tim harus memiliki keahlian khusus dan sudah berpengalaman sebelumnya. Rumah menjadi investasi masa depan sehingga ada baiknya menggunakan jasa design interior, jasa konstruksi, juga arsitek yang profesional.

Detil-Detil Penting
Anda tidak boleh puas dengan rencana pertama, pikirkan semua sisi yang mungkin terjadi hingga semuanya selesai. Libatkan diri Anda dalam pembangunan dari dasar hingga tahap akhir. Anda juga harus bisa mengambil keputusan saat saat proses membuat rumah.

Persiapkan Mental
Segala hal bisa saja sudah siap, baik legalitas, tim bangunan, hingga rencana cadangan atau dana. Namun semua itu belum cukup karena persiapan mental juga harus ada. Faktanya proyek rumah tidak akan berjalan 100% lancar, pasti ada kendala di dalamnya. Jika Anda tidak bisa menyelesaikan dengan kepala dingin, maka keputusan yang diambil tidak akan menemui jalan.

Perencanaan bangun rumah harus disiapkan secara matang, bahkan harus ada orang yang berpengalaman di dalamnya. Prioritaskan membangun rumah sesuai keinginan. Dalam mendukung hal tersebut, Anda bisa menggunakan jasa bangun rumah terpercaya dan terbaik sejasa.com.
Disqus Comments