5 Tanda-Tanda Hamil dari Payudara, Mitos atau Fakta?

Apakah Anda merasa gelisah karena ukuran payudara makin besar, dan mual-mual di pagi hari? Tanda hamil dari payudara yang membesar membuat Anda makin yakin akan status kehamilan ini. Ukuran dada membesar dan areanya jadi lebih sensitif. Tanda-tanda ini mitos atau sebuah fakta? Ini penjelasannya.

1. Ukuran Dada Membesar Karena Hormon
Payudara Anda membesar karena dipersiapkan untuk menyusui bayi, nanti setelah melahirkan. Bentuk buah dada akan lebih membulat dan bagian areola juga ikut membesar. Ada kelenjar air susu di dalam payudara, dan mulai memproduksi ASI, biasanya di trimester akhir kehamilan. Jika payudara membesar, segera beli alat tes kehamilan.

Ukuran buah dada yang membesar ini karena peran hormon estrogen. Anda akan perlu untuk membeli bra baru, dan ukurannya naik, seiring dengan besarnya kehamilan. Mintalah pramuniaga toko pakaian dalam untuk mengambil meteran dan mengukur tubuh, sehingga Anda tahu ukuran bra yang pas untuk dipakai.

2. Areola Menggelap
Area areola jadi menggelap karena pengaruh pigmen, hal ini juga jadi tanda hamil dari payudara yang bentuk dan warnanya berubah. Jangan sedih karena warna areola yang menggelap, karena nanti akan kembali seperti semula. Saat membersihkannya, gunakan sabun yang lembut dan mampu membersihkan dengan tuntas.

3. Payudara jadi Sensitif
Area payudara pada wanita yang hamil muda jadi sensitif dan melembut. Kadang Anda kesakitan saat tidak sengaja menyentuhnya. Saat hamil muda, ukuran buah dada memang membesar dan permukaannya makin halus dan sensitif. Lindungi dengan bra yang mampu menopangnya dan sekaligus melindunginya dari kekenduran.

4. Pembuluh Darah Terlihat
Saat awal hamil, maka tanda-tanda yang terlihat selain payudara yang membesar, adalah pembuluh darahnya ikut terlihat. Hal ini terjadi karena kulit buah dada menipis. Jangan takut saat pembuluh darah terlihat, karena tidak terlalu berpengaruh bagi kesehatan Anda. Anda hanya wajib membersihkannya dengan seksama setiap hari.

5. Mitos atau Fakta?
Saat payudara Anda membesar, maka bisa jadi itu sebuah tanda kehamilan. Baju jadi makin sesak dan Anda sering muntah saat mencium aroma nasi panas. Pembesaran ukuran dada sebagai tanda kehamilan ini bukanlah sebuah mitos, karena kenyataannya bagian tubuh itu membesar seiring dengan lamanya kehamilan.

Agar Anda lebih yakin, belilah alat tes kehamilan, jadi Anda tidak hanya mengetahui sedang mengandung hanya dari bentuk payudara. Saat PMS, buah dada juga membesar ukurannya (walau sedikit). Jadi Ada harus mengetes dengan test pack untuk tahu, ini hamil betulan, atau hanya gejala sebelum menstruasi.

Tanda hamil dari payudara yang membesar adalah fakta, bukan mitos. Untuk lebih jelasnya, periksalah ke bidan atau dokter kandungan. Setelah melakukan uji test pack, Anda makin yakin bahwa payudara membesar karena hamil, bukan karena berat badan yang bertambah atau gejala PMS belaka.
Disqus Comments