Ga harus mahal, Ini cara memilih susu nutrisi terbaik

Semua orang di dunia ini pasti tidak asing dengan yang nama nya susu, minuman yang dikenal dengan warna putihnya yang khas ini selalu dibutuhkan. Karena susu merupakan minuman yang mengandung berbagai macam nutrisi yang penting bagi tubuh. Nutrisi penting tersebut antara lain protein, vitamin, kalsium, fosfor, magnesium, mineral, zinc, dan juga lemak. Maka dari itu, susu sangat penting untuk dikonsumsi karena akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, terutama untuk bayi. Apalagi jika bayi tersebut masih baru lahir, pastinya ia membutuhkan susu nutrisi dari ibu atau ASI.

Nah, masalahnya adalah ketika si ibu tidak mempunyai produksi ASI yang cukup untuk buah hatinya. Solusi alternatifnya pastilah memberikan susu nutrisi lain yang biasa disebut dengan susu formula. Anda pun harus memilih susu formula ini dengan teliti dan cermat dengan memperhatikan semua gizi yang terkandung di dalamnya. Karena tak melulu susu formula mahal itu mempunyai kandungan gizi yang lengkap. Nah, jika anda masih bingung, berikut cara memilih susu dengan nutrisi terbaik untuk buah hati anda.

Ini dia cara memilih susu nutrisi terbaik yang perlu anda tahu
1. Jangan memilih susu dari kedelai
Cara memilih susu nutrisi terbaik yang pertama ialah memperhatikan asal dari susu tersebut, apakah dari susu sapi ataukah kedelai. Nah, bagi bayi anda sebaiknya hindari susu yang berasal dari kedelai. Karena menurut pakar kesehatan, susu kedelai tidak dianjurkan bagi bayi dengan umur di bawah 6 bulan. Selain susu kedelai, ada jenis susu yang harus dihindari, yaitu susu sapi reguler, susu kental manis, susu serial, susu kambing, susu almond, dan susu evaporasi.

Jika anak anda alergi terhadap susu nutrisi dari sapi, tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu mengkonsultasikannya kepada dokter anak anda. Biasanya, para dokter akan memberi susu pengganti yang akan menghindari alergi pada anak. Susu tersebut mash berbahan dasar susu sapi, namun sudah di hidralisis proteinnya sehingga dapat dicerna oleh tubuh bayi. Para bayi yang terkena alergi saat mengkonsumsi susu sapi biasanya juga alergi terhadap susu kedelai.

2. Konsultasikan dengan dokter
Cara memilih susu nutrisi terbaik yang kedua adalah dengan cara memilih susu yang pas untuk buah hati anda. Tidak hanya alergi saja, jika anak ada mengalami lemas yang berkepanjangan, diare, atau pun muntah, anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Biasanya hal tersebut dikarenakan susu yang tidak cocok atau tidak disukai oleh bayi anda. Dokter pun akan memberikan beberapa pilihan susu yang bisa dijadikan alternatif untuk bayi anda, tentu saja dengan bahan dasar susu sapi.

3. Periksa kandungan susu buah hati anda
Cara memilih susu nutrisi terbaik yang ketiga ialah dengan cara memeriksa kandungan apa saja yang ada di dalam susu buah hati anda. Hal tersebut dilakukan untuk memeriksa kandungan gizi dalam susu tersebut. Karena bayi anda masih membutuhkan berbagai macam nutrisi utama yang terkandung dalam ASI anda, maka dari itulah susu penggantinya haruslah memenuhi hal tersebut. Dan hal yang harus diperhatikan selanjutnya ialah bahan dasar dari susu tersebut. Karena meski nutrisi utamanya lengkap, namun bahan dasarnya berbeda dan anda harus lebih teliti dalam memilihnya.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara memilih susu nutrisi terbaik bagi buah hati anda. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa susu formula yang anda pilih cocok untuk dikonsumsi bayi anda. Karena susu formula terbagi berdasarkan umur dari buah hati anda. Anda pun harus jeli dalam melihat kandungan gizi dalam susu karena harga tidak selalu menjadi jaminan mutu dan kualitas susu tersebut. Semoga artikel di atas bisa membantu!
Disqus Comments